Skip to main content

Cara membuat miniatur rumah sendiri dengan mudah

Cara mengatasi android lag/macet tiba-tiba


Siapa sih yang tidak kenal ponsel yang satu ini, android merupakan os yang dioperasikan pada perangkat smartphone dan tablet. Pada dasarnya android lebih banyak dipakai di perangkat smartphone atau hp, untuk android sendiri terdapat kelebihan yang lebih jika dibandingkan dengan smartphone lainya.

Lantas tak heran jika banyak orang yang lebih memilih android dari pada smartphone lainya, memang saat ini kita di suguhkan dengan berbagai tipe hp yang ada. Namun umumnya yang paling laris di pasaran adalah smartphone android, pastinya dari kita sudah memiliki hp yang satu ini. Ada banyak aplikasi yang dapat anda jalankan di hp android, dan juga ada banyak game yang dapat anda langsung mainkan di hp android.
Android dibekali dengan spesifikasi yang cukup baik yang dapat menunjang kegiatan multitasking keseharian, tentu sangat asik kan sobat jika memiliki ponsel android. Mengingat hp android untuk harga juga lebih berfariasi juga harganya lebih bersahabat jika dibandingkan smartphone lainya.

Cara Mengatasi HP Android Lag, Hang dan Macet
Namun dibalik itu semua android juga ada kekuranganya, kadang ketika performa android juga bisa drop sehingga mengakibatkan force close, lelet, hang dan juga lag. Lantas apa yang terjadi jika hp android mengalami hal seperti itu. Tentu saja ketika anda menggunaakan android akan terasa tidak nyaman, karena performa sedang turun dan tidak optimal.

Oleh sebab itu anda perlu memperbaiki dengan mengatasi android lag / hang dengan mudah. Untuk itu anda harus mengoptimalkan kembali android anda, jujur saja saya ketika mengalami hal ini itu sangat menyebalkan dan mungkin anda juga mengalami hal yang serupa.

Cara Mengatasi HP Android yang Lag & Hang tanpa Root

Setidaknya anda dapat memperbaiki smartphone android yang macet atau lag dengan mengatasi sendiri hang dan lag tanpa root, pastinya cara ini cukup mudah untuk anda lakuklan. Berikut ini adalah cara memperbaiki android lag / hang dengan mudah juga cepat.
#1. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Bagi yang belum tau apa itu live wallpaper maka saya akan jelaskan, live wallpaper tujuanya untuk memperindah tampilan di smartphone dengan memasang live wallpaper. Namun yang perlu anda ketahui bahwa live wallpaper ternyata membuat hp android menjadi lebih lambat yang lebih parah menjadi lag atau hang. Nah untuk terhindar dari lag dan hang maka anda harus tidak menggunakan live wallpaper di android anda.
Namun anda tidak perlu risau sobat, hp android anda masih tetap keren dengan wallpaper biasa. Yang penting anda dapat menggunakan gambar dengan format png dan jpg serta gunakan gambar yang simple dan ringan. Untuk format gif saya tidak merekomendasikan, jadi hp android anda akan lebih cepat dan tidak lag lagi karena faktor wallpaper juga mempengaruhi.
#2. Upgrade OS
Nah yang kedua ini cukup efektif sob, jadi ketika hp android lag ketika menjalankan aplikasi bisa juga aplikasi sudah tidak komaptibel dengan os android yang lama. Jadi alangkah lebih baik anda mengupdate sistem operasi menjadi versi baru. Selain itu dari segi fitur dan tampilan tentu akan lebih menarik lagi.
#3. Hapus Cache di HP Android
Perlu sobat ketahui ketika main game dan membuka banyak aplikasi, maka setiap data akan diterima dan di simpan menjadi file temporer yang biasa kita sebut cache. Cache ini akan tersimpan di memori internal, ketika cache sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak pasti sistem operasi android akan menurun kinerjanya begitu juga hp android akan menjadi lag dan hang ketika menjalnkan aplikasi lain karena sudah penuh cache.
Solusi terbaik mengatasi android yang sering lag dan hang pada poin ke tiga adalah dengan membersihkan cache itu sendiri, sebenarnya mudah sekali sobat untuk menghapus cache. Anda hanya perlu menginstall “Ccleaner” di hp android anda. Kemudian buka dan bersihkan cache di android menggunakan CCleaner, untuk mendownloadnya anda bisa cari di google play store.
#4. Bersihkan Data Aplikasi & Game tidak Terpakai
Kemudian yang selanjutnya adalah dengan membersihkan aplikasi dan game yang sudah tidak anda pakai lagi, cara ini cukup efektif ketika anda mengalami lag dan hang pada android sobat. Saya menghapus aplikasi yang tidak pernah saya gunakan seperti google map, google plus dan sebagainya. Ini sebenarnya aplikasi bawaan yang memang tidak pernah saya gunakan. Cara membersihkan datanya sebagai berikut.
  • Buka Setting / Pengaturan
  • Aplication Manager > Pilih aplikasi yang ada di hp mu.
  • Klik Clear Data untuk membersihkan data log dan sebagainya.
Namun perlu sobat ketahui bahwa aplikasi yang sekiranya tidak penting dan memberatkan hp android anda saja yang di hapus, tapi semua itu tergantung ke inginan sobat.
#5. Uninstall / Hapus Aplikasi tidak Terpakai
Cara terakhir adalah dengan menghapus aplikasi yang terpasang pada hp android anda, ketika aplikasi menumpuk terlalu banyak tentu sangat memberatkan hp android. Pasalnya ketika anda menginstall aplikasi biasanya terinstall di memori internal, padahal memori internal juga biasa digunakan untuk pemrosesan data. Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall maka akan cepat lag atau hang android anda. Berikut adalah cara mengatasi android lag dengan menghapus aplikasi tidak terpakai :
  • Menuju ke menu setting
  • Selanjutnya klik Aplication Manager > Pilih aplikasi
  • Kemudian klik Uninstall, dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.
Untuk mengatasinya anda mau tidak mau harus mencopot beberapa aplikasi yang memberatkan dan aplikasi yang tidak dipakai, cara ini cukup efektif dan mudah dilakukan. Dengan begitu sistem sekaligus memori hp android lebih longgar dan akan terhindar dari lag juga hang.
Mungkin cukup sekian dulu sobat cara mengatasi hp android lag dan hang memperbaiki lag, jika ada pertanyaan seputar artikel ini maka sobat bisa kirimkan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa ikuti informasi menarik ruralrefined dengan menarik juga menambah pengetahuan seputar teknologi.

Note : terimakasih atas kunjungan anda pada blog kami, semoga ini bermanfaat untuk anda semua













Comments

Popular posts from this blog

Membuat lampu  tidur sendiri dengan mudah Lampu tidur  – Membahas tentang lampu tidur tentu identik dengan penerangan di dalam kamar tidur dan banyak sekali bentuk desain lampu yang tersedia. Ada sebagian orang menginginkan kamar tidurnya selalu terang agar tidurnya nyenyak, seperti halnya orang pobia gelap. Tapi ada juga orang menyukai cahaya lampu tidurnya redup supaya tidurnya tambah lelap, bahkan ada juga lampu tidurnya dimatikan. itu semua tergantung selera si pemilik kamar. Adapun desainnya sangat bervariasi mulai dari yang sederhana sampai yang unik, kreatif, dan menawan. Banyak toko properti rumah yang menyediakan berbagai jenis-jenis lampu tidur. Namun Kita juga bisa buat sendiri dengan alat dan bahan sederhana. Cara Membuat Lampu Tidur dengan Kreasi Sendiri Banyak berbagai jenis lampu tidur yang bisa dipilih. Tapi untuk mendapatkan jenis lampu yang bagus dan unik, tentu kita harus menyiapkan budget sesuai harga lampu tersebut. Tapi tidak perlu khawatir,